Yuk Pilihkan Video Game yang Tepat untuk Anak

No comment 529 views

Video game merupakan sesuatu yang tentu sangat menarik hati anak. Bahkan anak akan sangat betah duduk berjam – jam memainkan sebuah video game favoritnya. Tentu semua ini wajar, namanya juga anak – anak.

Ingatlah bahwa tidak semua video game itu buruk dan berefek negatif bagi anak. Beberapa game justru dapat menstimulasi tumbuh kembang anak secara maksimal. Untuk itu anda harus slektif dalam memilihkan video game bagi buah hati anda.

game

Berikut tips memilihkan video game yang tepat untuk anak

  • Pilihlah game yang melatih anak untuk mengambil keputusan. Misalnya game yang memberi kesempatan anak untuk memilih warna, bentuk, atau segala sesuatu yang terkait karakter tokoh. Game semacam ini akan membantu merangsang sikap kemandirian anak.
  • Carilah game yang edukatif. Tentu ini adalah hal paling penting bagi anda dalam memilih game. Beberapa contoh game edukatif misalnya game yang mengajak anak untuk berhitung, menyusun, dan menyocokkan. Game jenis ini akan berperan dalam merangsang perkembangan otak anak.
  • Hindari game yang menyajikan kekerasan. Jika anda memberikan anak sebuah game yang memiliki unsur kekerasan, maka anak berpotensi akan menirunya. Tentu hal seperti ini akan berakibat buruk bagi pribadi anak.
  • Sesuaikan dengan tingkat usia anak. Dalam memilih game hal yang tidak kalah penting yang harus anda perhatikan adalah menyesuaikannya dengan kemampuan anak.
author