Yuk Simak 4 Manfaat Buah Semangka

No comment 596 views

Berbentuk bulat, besar, dengan daging buah berwarna merah dan manis, serta kulitnya berwarna hijau tebal, ya itu lah buah semangka. Tentu Anda sudah tidak asing bukan? Buah semangka memang sangat mudah dijumpai, mulai dari penjual buah keliling, pasar tradisional, hingga supermarket.

Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat buah semangka ini menjadi buah yang sangat cocok dihidangkan ketika siang hari. Tidak hanya dalam bentuk buah, namun bisa juga dikreasikan menjadi menu lain. Misalnya dibuat jus atau es buah.

Namun dibalik kelezatan dan kesegaran rasanya, tahukah Anda bahwa buah semangka menyimpan berbagai kasiat untuk kesehatan? Yap kebanyakan orang memang belum begitu paham dengan hal ini. Lantas, apa sih manfaat semangka bagi kesehatan? Berikut kami akan mengulasnya untuk Anda.

semangka

Manfaat buah semangka bagi kesehatan

  1. Buah penyehat jantung. Semangka adalah salah satu sumber likopen yang cukup baik. Likopen ini memiliki peran penting dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung serta membantu fungsi kerja yang lebih baik.
  2. Pengusir radikal bebas. Perlu Anda ketahui dalam buah semangka terkandung senyawa karotenoid yang dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal dan menetralisir radikal bebas dari lingkungan.
  3. Memperkuat tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan buah semangka memiliki kadar kalsium yang cukup tinggi, dimana zat ini berfungsi untuk membantu menyehatkan dan menguatkan tulang, gigi, dan persendian.
  4. Mengontrol kadar lemak tubuh. Semangka ternyata merupakan buah yang baik untuk diet. Hal ini dikarenakan buah yang satu ini mengandung citruline yang berperang mengurangi lemak berlebih dalam tubuh.
author